Detail Cantuman
Advanced SearchPSIKOLOGI ISLAM
Hubungan Antara Self regulated learning Dengan Student Engagement Pada Mahasiswa Yang Menjalani Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Devina Isna cahyani, 201141037, Hubungan Antara Self regulated learning Dengan Student Engagement Pada Mahasiswa Yang Menjalani Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Skripsi, Psikologi Islam Jurusan Psikologi dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Self regulated learning merupakan kemampuan dimana seseorang dapat mengaktifkan dan mendorong pemikiran, perasaan dan tindakan yang telah direncanakan secara sistematis untuk mencapai tujuan belajarnya. Permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa adalah rasa malas , rasa bosan dan tidak dapat mengatur pembelajaran di dalam dirinya. Dalam mencapai tujuan belajar keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan . Student engagement adalah keterlibatan mahasiswa secara emosi, kognitif, dan perilaku dalam mengerjakan tugas pembelajaran dan tetap bertahan sekalipun ada hambatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar Self regulated learning dengan Student Engagement pada mahasiswa yang menjalani Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini melibatkan 125 mahasiswa yang berada di Kota Surakarta, Yakni UNS (Universitas Sebelas Maret) dan UMS (Universitas Muhammadiyyah Surakarta). Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur self-regulated learning oleh Zimmerman (1990) serta Pintrich (1995) dan Student Engagement oleh Fredricks (2004).
Hasil analisis data Hubungan antara self-regulated learning dengan student engagement, memperoleh r (571) = 0,571, p = 0.000 < 0.05. Hal ini menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat Student Engagement maka semkain tinggi pula Self regulated learning yang dimiliki. Dengan nilai koeefisien determinasi sebesar sebesar 0,327 yang berarti variabel Student Engagement dipengaruhi oleh variabel Self regulated learning sebesar 32,7%. Sedangkan, sisanya sebesar 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu, maka Ha diterima. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya hubungan positif antara Student Engagement dengan Self regulated learning.
Kata kunci: Self-Regulated Learning, Student Engagement, dan Mahasiswa.
Ketersediaan
| SK202470171.1 | 2X7.150 CAH h | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.150) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.150 CAH h
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
101 hal, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.150
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Devina Isna cahyani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






