Detail Cantuman
Advanced SearchPSIKOLOGI ISLAM
Hubungan Kontrol Diri dengan Ketangguhan Akademik Siswa SMA Penyintas bullying
Muhammad Fauzi Khairulloh : 201141094, Hubungan Kontrol Diri dengan Ketangguhan Akademik Siswa SMA Penyintas bullying. Skripsi, Program studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Ketangguhan akademik berkaitan dengan ketahanan individu dalam merespon kesulitan akademik serta memiliki kendali terhadap proses yang terjadi. Siswa SMA penyintas bullying perlu memiliki kepribadian tangguh agar mampu menyelesaikan akademik pada jenjangnya. Tidak dimilikinya ketangguhan akademik berdampak pada nilai akademik siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kontrol Diri dengan Ketangguhan Akademik Siswa SMA Penyintas Bullying.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional. Populasi dan sampel ini adalah Siswa SMA dengan penyintas Bullying di SMA N 1 Karangnongko dengan responden penelitian berjumlah 109 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Alat pengumpul data penelitian adalah skala Kontrol Diri 21 aitem, α= 0,30 ) dan skala Ketangguhan Akademik (20 aitem, α= 0,30). Alat pengumpulan data menggunakan skala likert dari dua variabel, yaitu Kontrol Diri dan Ketangguhan Akademik. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan program Statistical Package For Sosial sciences (SPSS) versi 21.0.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan analisis korelasi product moment, diketahui rxy sebesar 0,547 dan p value sebesar 0,000 (p < 0,05) yang menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Kontrol Diri dan Ketangguhan Akademik, semakin tinggi Kontrol Diri maka semakin tinggi juga Ketangguhan Akademik, begitu juga sebaliknya semakin rendah Kontrol Diri maka semakin rendah juga Ketangguhan Akademik. Melalui Uji koefisien determinasi variabel Ketangguhan Akademik, variabel Kontrol Diri memberikan kontribusi efektif sebesar 29% terhadap variabel Ketangguhan Akademik. Implikasi penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat bisa meningkatkan ketangguhan akademiknya dengan meningkatkan kontrol diri. Kontrol diri yang dimiliki seorang siswa yang baik dapat meningkatkan ketangguhan akademik siswa saat mengalami tindakan bullying.
Kata Kunci : kontrol diri, ketangguhan akademik, penyintas bullying
Ketersediaan
| SK202470158.1 | 2X7.150 KHA h | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.150) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.150 KHA h
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
135 hal, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.150
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Fauzi Khairulloh
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






