Detail Cantuman
Advanced SearchPSIKOLOGI ISLAM
Self Control Pada Remaja Yang Mengalami Adiksi Game Online
Syarifatul Miftakul Janah(171141057). “Self Control Pada Remaja Yang Mengalami Adiksi Game Online”. Skripsi: Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universias Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Bermain merupakan cerminan kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan sosial.Game online sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Terutama pada kontrol perilaku pada remaja dan labilnya pemikiran yang terpengaruh oleh pergaulan dalam pengambilan keputusan agar dianggap tidak ketinggalan zaman diera yang semakin maju ini. Salah satu motif mereka menggunakan aplikasi game online adalah dari ajakan teman sebaya. Dengan keuntungan yang mereka dapatkan beragam, tergantung masing-masing informan, adapun dampak yang dialami. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui self control yang dilakukan remaja yang mengalami adiksi game online.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling dengan informan sebanyak dua orang dan informan pendamping (Significant Others) dua orang.Teknik analisis adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkanremaja yang selalu bermain game online memiliki kontrol diri yang rendah karena ia tidak mampu mengontrol, mengelola, serta mengarahkan dirinya sendiri untuk melawan godaan tersebut. Aspek-aspek Self Control yaitu 1)Kontrol perilaku (behavioral control), Game online sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Terutama pada kontrol perilaku dan labilnya pemikiran yang terpengaruh oleh pergaulan zaman. 2) kontrol kognitif (cognitive control), pengaruh teman sebaya yang menjadi faktor utama remaja dalam bermain game online, selain itu juga terdapat dampak tersendiri yang dialami yang mana melalaikan kewajiban sekolahnya karena menghabiskan banyak waktu bermain game online. 3)Kontrol keputusan (decisional control) Perilaku pasca melakukan permainan dimana perasaan senang dan puas akan muncul ketika apa yang diinginkan sesuai yang diharapkan, lingkungan sekitar dan pengaruh teman sebaya merupakan faktor utama dalam pengambilan keputusan untuk mengikuti trend, selain itu juga karena faktor hobby yang sudah melekat sejak dahulu. .
Kata Kunci: Self Control, Adiksi, Game Online.
Ketersediaan
| SK202470120.1 | 2X7.150 JAN s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.150) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.150 JAN s
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.150
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Syarifatul Miftakul Janah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






