Detail Cantuman
Advanced SearchMANAJEMEN DAKWAH
Strategi Dakwah Pondok Pesantren Binnur Desa Sulang Kabupaten Rembang
Abdulloh Karim Amiruddin, 201231060, Strategi Dakwah Pondok Pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang, Program Studi Manajemen Dakwah, Jurusan Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Strategi dakwah merupakan suatu metode, siasat, taktik yang dipergunakan dalam aktifitas atau kegiatan dakwah, yang peranannya sangat menentukan dalam proses pencapaian tujuan dakwah. Strategi dakwah juga dapat diartikan sebagai proses menentukan cara dan upaya untuk menghadapi sasaran dakwah dalam situasi dan kondisi tertentu guna untuk mencapai tujuan dakwah secara maksimal. Pada prinsipnya, tujuan dakwah hanya kepada Allah SWT atau sabili rabbik, tetapi menyesuaikan keadaan obyek dakwah yang sangat variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah Pondok pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) serta teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahwa Strategi Dakwah yang dilakukan oleh Pondok Pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang dengan menggunakan 2 cara (Strategi) yaitu dengan cara berdakwah secara langsung dan dengan cara berdakwah secara tidak langsung (melalui social media). Selain itu pondok pesantren melakukan strategi dakwah dengan menggunakan metode dakwah billisan, bilhal, dan bilqolam. Strategi dakwah secara langsung yaitu dengan mengadakan kegiatan dakwah yang dapat dihadiri oleh santri maupun masyarakat desa dengan tujuan agar para santri maupun warga masyarakat dapat belajar bersama tentang ajaran agama Islam sehingga mampu mengamalkannya didalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan dakwah yang dilaksanakan berupa tahsin Al-Qur,an, rutinan pahingan, rutinan selasan, dan haul pendiri pondok pesantren. Terdapat kegiatan dakwah yang lain berupa pengajian dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, Peringatan 1 Muharram, Peringatan Isra’ Mi’raj dan Peringatan Hari Raya Idul Adha. Sedangkan strategi yang kedua yaitu kegiatan dakwah secara tidak langsung (melalui social media). Kegiatan dakwah ini bertujuan untuk dapat memperluas jangkauan dalam berdakwah. Social media yang digunakan oleh Pondok Pesantren BINNUR dalam melaksanakan kegiatan dakwah adalah menggunakan Youtube, Instagram dan Facebook.
Kata Kunci : Strategi, Dakwah, Pondok Pesantren.
Ketersediaan
| SK202450107.1 | 2X6.3 AMI s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X6.3 AMI s
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X6.3
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Abdulloh Karim Amiruddin
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






