Image of Strategi Dakwah Pondok Pesantren Binnur Desa Sulang Kabupaten Rembang

MANAJEMEN DAKWAH

Strategi Dakwah Pondok Pesantren Binnur Desa Sulang Kabupaten Rembang



Abdulloh Karim Amiruddin, 201231060, Strategi Dakwah Pondok Pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang, Program Studi Manajemen Dakwah, Jurusan Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Strategi dakwah merupakan suatu metode, siasat, taktik yang dipergunakan dalam aktifitas atau kegiatan dakwah, yang peranannya sangat menentukan dalam proses pencapaian tujuan dakwah. Strategi dakwah juga dapat diartikan sebagai proses menentukan cara dan upaya untuk menghadapi sasaran dakwah dalam situasi dan kondisi tertentu guna untuk mencapai tujuan dakwah secara maksimal. Pada prinsipnya, tujuan dakwah hanya kepada Allah SWT atau sabili rabbik, tetapi menyesuaikan keadaan obyek dakwah yang sangat variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah Pondok pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) serta teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahwa Strategi Dakwah yang dilakukan oleh Pondok Pesantren BINNUR Desa Sulang Kabupaten Rembang dengan menggunakan 2 cara (Strategi) yaitu dengan cara berdakwah secara langsung dan dengan cara berdakwah secara tidak langsung (melalui social media). Selain itu pondok pesantren melakukan strategi dakwah dengan menggunakan metode dakwah billisan, bilhal, dan bilqolam. Strategi dakwah secara langsung yaitu dengan mengadakan kegiatan dakwah yang dapat dihadiri oleh santri maupun masyarakat desa dengan tujuan agar para santri maupun warga masyarakat dapat belajar bersama tentang ajaran agama Islam sehingga mampu mengamalkannya didalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan dakwah yang dilaksanakan berupa tahsin Al-Qur,an, rutinan pahingan, rutinan selasan, dan haul pendiri pondok pesantren. Terdapat kegiatan dakwah yang lain berupa pengajian dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, Peringatan 1 Muharram, Peringatan Isra’ Mi’raj dan Peringatan Hari Raya Idul Adha. Sedangkan strategi yang kedua yaitu kegiatan dakwah secara tidak langsung (melalui social media). Kegiatan dakwah ini bertujuan untuk dapat memperluas jangkauan dalam berdakwah. Social media yang digunakan oleh Pondok Pesantren BINNUR dalam melaksanakan kegiatan dakwah adalah menggunakan Youtube, Instagram dan Facebook.

Kata Kunci : Strategi, Dakwah, Pondok Pesantren.


Ketersediaan

SK202450107.12X6.3 AMI sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X6.3 AMI s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X6.3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this