Detail Cantuman
Advanced SearchMANAJEMEN DAKWAH
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kaligua
Sri Ayu Andini, 181231035. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kaligua. Program studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Tempat wisata merupakan produk jasa yang disediakan oleh perusahaan jasa dengan tujuan agar konsumen dapat mengunjungi dan menikmati tempat wisata yang disediakan. Untuk menarik pengunjung, pengelola harus mampu memberikan pelayanan bermutu sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Ada lima dimensi kualitas layanan: bukti langsung (tangibles), kehandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan serta fasilitas terhadap kepuasan wisatawan Argowisata Kaligua. Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan Argo wisata Kaligua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dikarenakan dilihat dari data penelitian ini berupa angkaangka yang dapat dihitung maupun diukur. Serta melakukan analisis yang menekankan pada nomerikal dan diolah dengan metode statistika.
Hasil penelitian menunjukan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada agrowisata kaligua. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil nilai koefisien sebesar 0,591 dan nilai t-hitung 2,397 lebih besar dari t-tabel yang sebesar 1,988 dengan nilai signifikansi 0,018 lebih kecil dari 0,05. Fasilitas berpengaruh posif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada agrowisata kaligua. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil nila koefisien sebesar 0,228 dan nila t-hitung 6,500 lebih besar dari t-tabel 1,988 dengan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pengunjung seperti harga, pengorbanan waktu dan jarak perjalanan untuk mencapai lokasi. Hal ini dimaksudkan agar penelitian yang dilakukan lebih bermanfaat bagi pengelola objek wisata.
Kata kunci: Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas
Ketersediaan
| SK20245089.1 | 2X6.3 AND p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X6.3 AND p
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X6.3
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Sri Ayu Andini
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






