Image of Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Hammer Drum Course Surakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Murid

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Hammer Drum Course Surakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Murid



Muhammad Bagas Prasetyo. NIM. : 20.12.11.078. Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Hammer Drum Course Surakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Murid. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.

Hammer Drum Course Surakarta merupakan kursus musik instrument drum yang menonjolkan kualitasnya dengan event-event yang dimilliki. Namun belum banyak orang yang mengetahui Hammer Drum Course, sehingga program yang dimiliki tidak tersampaikan ke masyarakat untuk menambah jumlah murid. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran komunikasi pemasaran Hammer Drum Course Surakarta dalam meningkatkan jumlah murid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, metode triangulasi sumber digunakan. Data yang terkumpul kemudian disajikan, dianalisis, dan dievaluasi untuk menarik kesimpulan. Teori yang menjadi landasan adalah teori dari Kotler & Amstrong, dengan penerapan berbagai bauran pemasaran seperti iklan, penjualan penjual, event, humas, pemasaran langsung, interaktif marketing, dan penjualan personal.
Berdasarkan analisis data, wawancara, dan temuan lapangan, dapat disimpulkan bahwa Hammer Drum Course Surakarta telah mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran sesuai teori Kotler & Amstrong untuk meningkatkan jumlah murid. Penggunaan media sosial seperti Instagram dan YouTube untuk periklanan terbukti efektif dalam menjangkau audiens luas, serta menampilkan drum cam murid untuk menarik calon siswa. Dalam promosi penjualan, beasiswa disediakan bagi murid berprestasi yang ingin mengikuti kompetisi. Event berskala nasional, seperti Hammer Drum Competition, dan Ngedrum Sore, berhasil menarik perhatian dan minat calon murid. Meskipun belum memiliki humas secara struktural, Hammer Drum Course menjaga hubungan baik melalui prinsip kekeluargaan dan kerja sama dengan pihak luar, termasuk media. Kegiatan pemasaran langsung dilakukan saat event, dengan tanya jawab mengenai kursus. Interaksi aktif di media sosial menunjukkan respons yang cepat terhadap pesan dan komentar. Penjualan personal dilakukan melalui penyebaran informasi dari mulut ke mulut. Meskipun semua elemen bauran komunikasi telah diterapkan, hanya periklanan, event, dan penjualan personal yang dilakukan secara optimal karena keterbatasan sumber daya manusia.

Kata Kunci: Implementasi, Bauran Komunikasi Pemasaran, Murid, Hammer Drum Course


Ketersediaan

SK202440193.12X7.5 PRA iPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 PRA i
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this