Image of Strategi Komunikasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surakarta Dalam Inovasi Pelayanan Belasungkawa Kirim Akta Kematian

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surakarta Dalam Inovasi Pelayanan Belasungkawa Kirim Akta Kematian



Mohammad Rangga Abdurrahman. NIM: 191211085, Strategi Komunikasi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surakarta Dalam Inovasi Pelayanan Belasungkawa Kirim Akta Kematian. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan strategi komunikasi program belasungkawa kirim akta kematian di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, 2) kendala, dan 3) upaya yang dilakukan oleh Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam menghadapi kendala manajemen program belasungkawa kirim akta kematian di Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data meliputi: peristiwa (pelaksanaan strategi komunikasi program belasungkawa kirim akta kematian), informan (Analis Kebijakan Muda, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Pengolah Data Layanan/Operator Besuk Kiamat, Analis Sistem Informasi dan Jaringan, Petugas Pengirim Besuk Kiamat, Pengadministrasian Akta Kelahiran, Pelayanan Publik, dan Kelurahan serengan), dan dokumen (dokumen lembaga, artikel, foto, dan website capil). Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1) pelaksanaan strategi komunikasi program Besuk Kiamat meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan disesuaikan perkembangan masyarakat dan perubahan sistem, 2) kendala yang dihadapi, yaitu: a) sosialisasi pengembangan program besuk kiamat yang belum menjangkau semua masyarakat, b) SDM dalam proses pelayanan masih terbatas, c) sarana dan prasarana belum memadai, d) server aplikasi SIAK dan jaringan sering bermasalah, e) keterbatasan hak akses SIAK terpusat, dan f) kesalahan entry dan unggah data penduduk; dan 3) upaya mengatasi kendala, yaitu: a) mengadakan kegiatan jemput bola akta kematian di Kelurahan se-kota Surakarta, b) memaksimalkan kinerja dengan pembagian kerja, pengusulan penambahan pegawai, dan memberdayakan mahasiswa magang, c) memaksimalkan sarana dan prasarana, menentukan skala prioritas pengadaan sarana dan prasarana, dan perencanaan aplikasi pendukung SIAK d) melakukan upgrade SIAK dan berkoordinasi dengan OPD terkait serta ahli waris terkait jaringan yang bermasalah, e) pemberian hak akses SIAK, dan f) normalisasi data dan monitoring secara berkala.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, DISDUKCAPIL, Besuk Kiamat


Ketersediaan

SK202440188.12X7.5 ABD sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ABD s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this