Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) Radio Solopos di Era Digital
Erna Dwi Nugroho, NIM. 20.12.11.136. Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) Radio Solopos di Era Digital. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Di era digital yang terus berkembang, industri radio menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan relevansi dan audiensnya. Sehingga menunutut radio untuk mempertahankan pangsa pasar dan loyalitas pendengar. Serta bagaimana radio harus berinovasi dalam penyampaian konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) yang diterapkan oleh Radio Solopos untuk bersaing di era digital. Segmentasi pasar dilakukan dengan menganalisis demografi, psikografi, dan perilaku audiens untuk mengidentifikasi segmen-segmen potensial. Targeting dilakukan dengan memilih segmen yang paling sesuai dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Positioning dilakukan dengan membangun citra dan persepsi yang kuat di benak audiens melalui konten yang relevan, interaktif, dan menggunakan platform digital seperti media sosial dan aplikasi mobile.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajemen dan staf Radio Solopos, serta analisis dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radio Solopos berhasil memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan audiens. Strategi STP yang diterapkan telah berhasil memperkuat posisi Radio Solopos di pasar dan meningkatkan loyalitas pendengar.
Simpulan dari penelitian ini adalah Radio Solopos menekankan bahwa dengan menerapkan strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) yang efektif, media radio tradisional dapat mempertahankan relevansi dan daya saingnya meskipun ada perubahan dalam teknologi dan preferensi konsumen. Ini berarti bahwa radio perlu menyesuaikan pendekatan mereka untuk menarik audiens yang lebih luas dan memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dalam era digital.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning, Radio, Era Digital, Radio Solopos.
Ketersediaan
| SK202440186.1 | 2X7.5 NUG s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 NUG s
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Erna Dwi Nugroho
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






