Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Komunikasi Persuasif Prabowo Subianto Pada Pemilihan Presiden 2024 Dalam Meningkatkan Citra Politik Melalui Instagram @prabowo
Muhammad Caesar, NIM 201211069. “Komunikasi Persuasif Prabowo Subianto Pada Pemilihan Presiden 2024 Dalam Meningkatkan Citra Politik Melalui Instagram @prabowo”. Skripsi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Komunikasi persuasif adalah upaya untuk mempengaruhi pendapat, sikap, atau perilaku orang lain melalui penggunaan kata-kata dalam berbicara, argumen dan teknik persuasi yang efektif. Pada Instagram @prabowo komunikasi persuasif yang disampaikan Prabowo lebih cenderung dengan bahasa yang akrab dan santai. Komunikasi yang dilakukan oleh Prabowo mengalami sebuah transisi yang lebih terbuka Prabowo yang sebelumnya dicitrakan keras berubah menjadi dicitrakan sebaliknya. Citra merupakan salah satu hal yang tentu tidak dapat dipisahkan di dalam kaitannya dengan politik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana komunikasi persuasif Prabowo Subianto pada pemilihan presiden 2024 dalam meningkatkan citra politik melalui akun Instagram @prabowo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bantuan metode analisis isi bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan studi dokumentasi, studi pustaka dan observasi digital. Analisis isi berupa dokumentasi feeds dan reels ditampilkan pada akun Instagram @prabowo yang merujuk pada usaha pencarian komunikasi persuasif dalam tanda-tanda yang terkandung dalam konten unggahan akun Instagram @prabowo pada masa Pemilu 2024. Melalui pendekatan ini, peneliti dapat mengeksplorasi bagaimana Prabowo Subianto menggunakan bahasa, gambar dan pesan-pesan lainnya untuk meningkatkan citra politik yang dibangun pada Pemilu 2024.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Komunikasi persuasif yang dibangun Prabowo Subianto melalui instagram telah meningkatkan citra politiknya di Pemilu 2024. Berdasarkan tahapan AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision. Action) Prabowo Subianto berhasil membangun pesan untuk persuasif untuk menarik perhatian audiens, membangkitkan minat, menumbuhkan keinginan, mendorong keputusan dan menginspirasi tindakan. Konten yang diunggah oleh Prabowo Subianto telah mengikuti pola ini, strategi kampanye yang modern, dikombinasikan dengan pengalaman politik dan militer yang panjang, membuat citranya semakin kuat di panggung politik Indonesia menjelang Pemilihan Presiden 2024.
Kata kunci : Komunikasi persuasif, Instagram @Prabowo Subianto , Citra politik
Ketersediaan
| SK202440184.1 | 2X7.5 CAE k | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 CAE k
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Caesar
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






