No image available for this title

PSIKOLOGI ISLAM

DINAMIKA KEBERSYUKURAN PADA GURU TIDAK TETAP DI SEKOLAH LUAR BIASA C YPSLB SURAKARTA



Muhammad Wildan Habibi. NIM:201141086, Dinamika Kebersukuran Pada Guru Tidak Tetap Di Sekolah Luar Biasa C YPSLB Surakarta. Psikologi Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta.2024
Guru tidak tetap di Sekolah Luar Biasa (SLB) memiliki perbedaan dengan guru tidak tetap di sekolah umum. Perbedaan ini terlihat dari beban mengajar, di mana guru SLB mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yang memerlukan kesabaran tinggi dalam proses pembelajarannya. Beban mengajar tersebut tidak sebanding dengan gaji yang diterima, ditambah dengan manajemen sekolah yang kurang mendukung. Hal ini berdampak pada kondisi psikologis guru tidak tetap, terutama dalam hal rasa syukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika kebersyukuran yang tampak pada proses serta wujud syukur yang dialami oleh guru tidak tetap di SLB C YPSLB Surakarta
Penelitian ini menggunakan metode kualitaitif fenomenologi. Informan penelitian adalah guru tidak tetap SLB C YPSLB Surakarta berjumlah 3 orang, berusia minimal 22 tahun menggajar kurang lebih selama 4 bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi metode dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan mengalami dinamika kebersyukur yang beragam, mulai dari proses hingga wujudnya. Mereka mendefinisikan syukur sebagai penerimaan yang tulus terhadap segala kondisi hidup, baik dalam keadaan nikmat maupun cobaan, serta disertai keikhlasan dalam menjalani kehidupan. Proses bersyukur yang dialami peserta penelitian bervariasi, mulai dari perasaan empati terhadap anak berkebutuhan khusus hingga rasa haru menyaksikan perjuangan orang tua siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman bersyukur informan meliputi lingkungan sosial dan perasaan terhubung dengan anak-anak. Manifestasi syukur terlihat dalam bentuk ucapan, tindakan, dan keyakinannya.
Kata kunci : Syukur, Guru Tidak Tetap, Sekolah Luar Biasa (SLB).


Ketersediaan

SK202570024.12X7.150 HAB dPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.150)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.150 HAB d
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
156 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.150
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this