Detail Cantuman
Advanced SearchPSIKOLOGI ISLAM
ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA YATIM PIATU PANTI ASUHAN AMAL BHAKTI SUDJONO DAN TARUNO DI SUKOHARJO
Yoga Budyatama. NIM: 201141028. Orientasi Masa Depan Remaja Yatim Piatu Panti Asuhan Amal Bhakti Sudjono dan Taruno di Sukoharjo Program Studi Psikologi Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Ketidakhadiran orangtua secara fisik dan psikis bagi remaja yang tinggal di panti asuhan menjadi salah satu faktor munculnya kesulitan perencanaan masa depan, seperti pendidikan dan karir. Kehadiran pengasuh berperan sebagai orang tua pengganti untuk memenuhi kebutuhan anak panti asuhan seperti kasih sayang, perhatian, rasa aman dan nyaman, serta penghargaan diri dari lingkungan. Pengasuh juga berperan sebagai pendidik dan pembimbing anak panti asuhan supaya terbentuknya karakter, harapan, dan menyiapkan anak panti asuhan agar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran orientasi masa depan remaja yatim piatu.
Penelitian ini adalah kualitatif, berbasis fenomenologi. Informan penelitian adalah tiga orang remaja yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan Amal Bhakti Sudjono dan Taruno yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan, menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (1992) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah masa depan dimaknai informan sebagai harapan dan keinginan untuk masa depan lebih baik. Bagi informan masa depan perlu kemudian direncanakan secara baik yang ini terlihat dari motivasi untuk berkembang memperbaiki nasib yang dialami hari ini. Terkait dengan kemampuan perencanaan dilakukan dengan perencanaan yang spesifik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dengan keterlibatan orang lain seperti orang-orang terdekat mereka. Pada aspek evaluasi diri terdapat perbedaan yaitu informan FA melakukan evaluasi diri dari proses perkembangan yang dilakukan. Sedangkan informan ER dan TR melakukan evaluasi diri dari pencapaian yang telah didapatkan. Meskipun berbeda akan tetapi penting untuk dilakukan agar perencanaan masa depan mendapatkan hasil yang maksimal. Terkait dengan kemampuan perencanaan masa depan karena didukung oleh faktor konsep diri yang positif dan juga dukungan eksternal dari pengasuh dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan, pembimbingan, maupun perlindungan membuat remaja panti asuhan memiliki harapan berkembang dan terbentuknya karakter dalam diri mereka.
Kata Kunci: Orientasi Masa Depan, Remaja, Panti Asuhan
Ketersediaan
| SK202570015.1 | 2X17.150 BUD o | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.150) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X17.150 BUD o
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
143 hal, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X17.150
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Yoga Budyatama
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






