Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA WISATA TEGAL SIMBAH WONOGIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
RETNO SUKESTI RATIH 2.1211.96, Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Wisata Tegal Simbah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri RadenMas Said Surakarta. 2024
Banyaknya wisata baru yang ada di Wonogiri khususnya kolam renang dan resto yaitu Tegal Simbah. Tegal Simbah adalah wisata baru kolam renang yang ada di Girimarto yang memiliki keindahan gunung lawu serta memiliki resto yang menjadi tempat kulineran banyak orangkhususnya bakso legendaris milik pak kumis sehingga banyaknya pengunjung yang tertarik ingin berkunjung ke Tegal Simbah. Wisata Tegal Simbah juga bisa digunakan berbagai kegiatan khususnya outbond anak- anak dari paud sampai SD serta bisa digunakan berbagai kegiatan lainnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara indepth interview. Observasi langsung diTegal Simbah dan pengamatan pada akun media sosial yang dimiliki Tegal Simbah. Dokumentasi berupa hasil wawancara dan dokumentasi di Tegal Simbah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi sumber menjadi keabsahan data pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori kottler yang berupa iklan,penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat ( Public Relations), dan pemasaran langsung.
Hasil dari penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran pengelola Tegal Simbah menggunakan beberapa bauran teori komunikasi pemasaran yaitu Iklan dalam melakukan iklan Tegal Simbah menggunakan media baliho, pamflet serta media sosial. Promosi penjualan dengan memberikan voucher di berbagai event seperti event dibulan agustus,voucher diskon paket makanan. Dalam hubungan masyarakat Tegal Simbahsudah ada kegiatan yang meliputi Rutinan jumat berkah, pengambilan foto kegiatan yang dilakukan masyarakat Tegal Simbah. Penjualan Perorangan dilakukan dengan memberikan brosur juga dengan interaksilangsungantarpegawaidanpengunjung,menawarkanprodukpaket promo ke sekolah-sekolah. Pemasaran langsung dilakukan dengan media sosial untuk memasarkan dan menginformasikan produknya. Strategi yang dinilai efektif yaitu dalam menggunakan media sosial sebagai sarana iklan dan pemasaran langsungdalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran di Tegal Simbah
KataKunci:Strategi,KomunikasiPemasaran,Tegal Simbah
Ketersediaan
| SK202540026.1 | 2x7.5 RET s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2x7.5 RET s
|
| Penerbit | Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
81 hlm, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2x7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Retno Sukesti Ratih
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






