Image of STRATEGI REBRANDING LOKANANTA BLOC GUNA MENINGKATKAN
BRAND AWARENESS SEBAGAI DESTINASI WISATA MUSIK DAN CREATIVE HUB DI KOTA SURAKARTA

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

STRATEGI REBRANDING LOKANANTA BLOC GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI DESTINASI WISATA MUSIK DAN CREATIVE HUB DI KOTA SURAKARTA



Jody Ageng Pamungkas. NIM: 201211041, STRATEGI REBRANDING LOKANANTA BLOC GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS SEBAGAI DESTINASI WISATA MUSIK DAN CREATIVE HUB DI KOTA
SURAKARTA. Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui strategi rebranding yang digunakan Lokananta Bloc dalam meningkatkan brand awareness sebagai destinasi wisata viiegat dan creative hub di Kota Surakarta. Lokananta sebelumnya merupakan sebuah studio rekaman pertama di Indonesia yang kurang diminati karena dianggap kuno oleh masyarakat telah bertransformasi menjadi destinasi wisata modern dan creative hub yang relevan sesuai zamannya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti berusaha menggambarkan dan menguraikan beragam fenomena dan situasi terkait objek yang sedang diteliti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dari Muzellec yakni dengan beberapa tahapan, repositioning, renaming, redesigning dan relaunching. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis menggunakan reduksi data kemudian disajikan dan ditarik kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber

Hasil dari penelitian ini berdasarkan pada data dan wawancara yang dilakukan dengan informan menunjukan bahwa keempat tahapan yang di kemukakan oleh Muzellec sudah diterapkan oleh Lokananta Bloc dalam meningkatkan brand awarenessnya sebagai destinasi wisata music dan creative hub di Kota Surakarta. Dimana sebelum dilakukan revitalisasi dan rebranding terjadi penurunan jumlah pengunjung yang sangat signifikan dan banyaknya komentar negative yang diperoleh. Namun setelah dilakukan rebranding kuantitas pengunjung meningkat secara signifikan diikuti dengan semakin banyak event yang dilaksanakan di kawasan Lokananta Bloc, dan semakin bertambahnya jumlah pengikut di sosial media.

Kata Kunci : Rebranding, Brand Awareness, Lokananta, Creative Hub


Ketersediaan

SK202540023.12X7.5 PAM sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 PAM s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
109 hal, 30 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this