Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Cyber Branding Kedai Tenda Daun Surakarta Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Instagram @tenda.daun
Lutfiah Rachmawati Putri. NIM 201211119. Cyber Branding Kedai Tenda Daun Surakarta Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Instagram @tenda.daun. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Kedai Tenda Daun Surakarta adalah sebuah cafe atau resto yang menjual berbagai macam makanan dan minuman segar yang letaknya hidden gem atau tersembunyi. Bisnis cafe atau resto semacam ini mulai banyak di daerah Kota Surakarta, antara lain ada Bolo Dewe Eats, Tomuan Coffee, lalu Legi Pait Food & Coffee. Karena persaingan di dunia kuliner dan cafe semakin meningkat membuat Kedai Tenda Daun Surakarta membuat strategi bagaimana cara untuk bersaing dengan competitor lainnya. Langkah yang digunakan Kedai Tenda Daun Surakarta salah satunya dengan melakukan Cyber Branding melalui Instagram @tenda.daun untuk meningkatkan Brand Awareness atau kesadaran merek.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data. Data diperoleh peneliti melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data hasil penelitian di Kedai Tenda Daun Surakarta menggunakan teori tiga “I” dari Deidre Breakenridge. Lalu teknik analisa data pada penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas branding Kedai Tenda Daun Surakarta dalam meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek melalui instagram @tenda.daun dengan menggunakan teori tiga”I” yaitu informasi, interaktivitas, dan insting. Informasi yang disampaikan di instagram @tenda.daun cukup aktif dan mudah dimengerti dalam meningkatkan brand awareness kepada konsumen. Informasi yang diunggah seperti informasi terkait produk Kedai Tenda Daun Surakarta, informasi terkait kegiatan giveaway, informasi terkait promo bundling, dan informasi terkait kerjasama dengan akun tertentu. Lalu untuk interaktivitas yang dilakukan Kedai Tenda Daun Surakarta seperti membalas Direct Message (DM) di instagram @tenda.daun, membalas komentar yang masuk dikolom komentar setiap unggahan, memposting ulang instagram story dari followers yang sudah menandai instagram @tenda.daun. Insting yang diartikan sebagai pembeda dari tempat lainnya seperti konsisten menggunakan desain yang sama disetiap unggahan baik feeds ataupun instagram story dan juga penataan feeds di instagram @tenda.daun supaya terlihat menarik merupakan salah satu upaya Kedai Tenda Daun Surakarta dalam kegiatan cyber branding yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat.
Kata Kunci : Cyber Branding, Brand Awareness, Kedai Tenda Daun Surakarta.
Ketersediaan
| SK202440175.1 | 2X7.5 PUT c | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 PUT c
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Lutfiah Rachmawati Putri
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






