Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
KOMODIFIKASI KONTEN DISABILITAS PADA AKUN YOUTUBE TRETAN UNIVERSE (Analisis Semiotika John Fiske)
SANDY KURNIA PUTRA, 191211113, KOMODIFIKASI KONTEN DISABILITAS PADA AKUN YOUTUBE TRETAN UNIVERSE (Analisis Semiotika John Fiske). Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024
Media sosial yang awalnya hadir sebagai platform hiburan dan penyampaian informasi kini telah bertransformasi menjadi sebuah wadah praktik komodifikasi. Tretan Muslim adalah salah satu komedian Indonesia yang terjun di dunia YouTube dan memulai karier channel YouTube pada tahun 2016 dengan nama “Tretan Universe”. Tretan Universe, pada tahun 2021 membuat tema konten komedi baru dengan mengundang para penyandang disabilitas. Dalam konten ini Tretan Universe berkolaborasi dengan para penyadang disabilitas, membahas berbagai topik terkait kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komodifikasi konten disabilitas yang terdapat pada konten YouTube Tretan Universe.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika John Fiske, dimulai dengan pengumpulan data berupa video konten, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah komodifikasi konten pada channel Tretan Universe., sedangkan subjek penelitian adalah konten YouTube Tretan Universe
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk komodifikasi. Pertama, komodifikasi isi/konten ditandai dengan penyajian konten disabilitas sebagai produk yang dijual. Program ini menghadirkan penyandang disabilitas, di mana materi disabilitas diolah sedemikian rupa menjadi komoditas yang menarik perhatian publik. Hal ini terlihat dari isi cerita konten yang didukung oleh kode-kode pada level realitas dan level representasi. Kedua komodifikasi audiens/khalayak, menurut data dari Social Blade, tiga konten Tretan Universe berpotensi menghasilkan pendapatan sebesar Rp31,1 juta hingga Rp247,7 juta. Selain dari monetisasi adsense, video-video ini juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi produk, seperti Bebek Carok dan merchandise Why, yang dimiliki oleh Tretan Universe, menjadikannya sebagai media iklan yang dijual kepada khalayak. Kesuksesan sebuah konten bisa dilihat dari jumlah viewers dan iklan yang masuk, semakin tinggi viewers maka akan semakin banyak iklan yang masuk sehingga profit yang didapatkan akan semakin tinggi. Hal ini merupakan bentuk nyata adanya komodifikasi audiens/khalayak.
Kata Kunci : Komodifikasi Konten , YouTube, Tretan Universe
Ketersediaan
| SK202540014.1 | 2X7.5 PUT k | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 PUT k
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
104 hal, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Sandy Kurnia Putra
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






