Image of Komunikasi Pemasaran Pada Kopi Kelana Solo Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Komunikasi Pemasaran Pada Kopi Kelana Solo Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen



LENI ROMANDA NIM 191211091. Komunikasi Pemasaran Kopi Kelana
Solo Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Skripsi, Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024
Solo, sebagai salah satu kota besar di Jawa Tengah, yang mengalami
perkembangan pesat dalam bisnis kedai kopi dengan persaingan yang semakin
ketat. Kopi Kelana Solo, sebagai salah satu pelaku usaha yang berada di Kota Solo,
yang menghadapi tantangan berupa ketidakstabilan jumlah konsumen yang
datang, yang mengindikasikan belum optimalnya penerapan komunikasi
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk
komunikasi pemasaran yang diterapkan Kopi Kelana Solo dan mengidentifikasi
upaya optimalisasi guna meningkatkan jumlah konsumen di tengah persaingan
bisnis kafe yang semakin kompetitif.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Wawancara melibatkan
empat narasumber, termasuk pemilik dan konsumen Kopi Kelana Solo. Dalam
pengambilan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber yakni sumber
data yang didapat melalui manjemen Kopi Kelana Solo, kemudian analisis data
dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan Kesimpulan.
Hasil menunjukan bahwa Kopi Kelana Solo menerapkan komunikasi
pemasaran berdasarkan teori Kotler dan Keller yang meliputi advertising,
personal selling, sales promotion, direct marketing. dan public relations. Upaya
promosi dilakukan melalui media sosial, getuk tular", giveaway, diskon atau
promo paket, kolaborasi dengan beberapa influencer lokal, serta ikut berbagai
event. Lokasi strategis, suasana klasik, dan harga terjangkau menjadi daya tarik
utama. Promosi memanfaatkan Instagram dan Google Maps, meskipun belum
optimal untuk mengumpulkan dan menganalisis umpan balik pelanggan. Ke
depan, diharapkan Kopi Kelana Solo dapat mempertahankan kualitas rasa,
pelayanan, dan konsep klasiknya, sekaligus memperbaiki kekurangan, terutama
dalam pengelolaan umpan balik konsumen.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Kopi Kelana Solo, Konsumen.


Ketersediaan

SK202540010.12X7.5 LEN kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 LEN k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
87 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this