Image of STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA NEW RIVERMOON KLATEN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA NEW RIVERMOON KLATEN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG



Frida Rianabila. 181211095, “Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata New Rivermoon Klaten Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung”, Program Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
New Rivermoon advanture, resto, & fun merupakan sebuah tempat wisata dan juga resto yang memiliki konsep wisata pedesaan yang masih asri dibangun pada tahun 2016. Jenis wisata yang ditawarkan berbeda dengan wisata yang berada di sekitarnya. Setiap destinasi wisata memiliki strategi pemasaran yang digunakan untuk menambah jumlah pengunjung. Tempat wisata yang menyediakan tempat outbond dan juga river tubing serta restoran yang berada diatas aliran Sungai Pusur. Adanya persaingan dengan beberapa wisata air di sekitar Klaten dan juga kurangnya pemanfaatan dalam penggunaan media sosial dalam promosi sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran objek wisata New Rivermoon Klaten dalam meingkatkan jumlah pengunjung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.untuk subjek penelitiannya yaitu pengelola New Rivermoon sedangkan objek penelitiannya yaitu strategi komunikasi pemasaran New Rivermoon Klaten dalam meningkatkan pengunjung. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, observasi secra langsung maupun tidak langsung dan dokumentasi berbentuk tulisan, gambar atau foto.
Hasil penelitian ini yaitu pada dasarnya menggunakan teori Komunikasi Kotler yang terdiri dari Iklan, penjualan perorangan/personal selling, promosi penjualan, pemasaran internet, public relation. New Rivermoon dalam menerapkan promosi, penjualan perorangan dan kegiatan kehumasan dinilai sangat optimal. Akan tetapi dalam menerapkan promosi menggunakan media sosial, masih kurang optimal, karena pengelola media sosial hanya membagikan informasi terkait outbond dan juga river tubing selain itu juga konsisten dalam penuploadan konten juga kurang terjadwal. Jadi ini perlu dioptimalkan agar semakin efektif dalam melakukan kegiatan promosi melalui internet. New Rivermoon selaku pengelola dalam kesimpulannya akan terus berupaya melakukan kegiatan komunikasi pemasaran secara optimal agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi objek wisata New Rivermoon.
Kata Kunci : komunikasi pemasaran, New Rivermoon, jumlah pengunjung


Ketersediaan

SK202540002.12x7.5 RIA sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x7.5 RIA s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
108 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this