Image of TREN PENELITIAN ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR DI PERGURUAN TINGGI 
(Studi Kajian Terhadap Penelitian Mahasiswa Prodi IAT UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2016-2023)

ILMU AL QUR'AN DAN TAFSIR

TREN PENELITIAN ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kajian Terhadap Penelitian Mahasiswa Prodi IAT UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2016-2023)



Hisha Eka Pradana 18.11.11.022, Tren Penelitian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Perguruan Tinggi (Studi Kajian Terhadap Penelitian Mahasiswa Prodi IAT UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2016-2023)
Penelitian tentang skripsi mahasiswa tentunya sudah banyak dibahas oleh beberapa para peneliti dari berbagai kalangan, salah satunya tentang kecenderungan skripsi mahasiswa dalam memilih sebuah kajian penelitian tahun 2016 hingga 2023 dalam program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Raden Mas Said Surakarta. Dalam pembentukan skripsi, mahasiswa IAT juga memiliki banyak faktor yang mempengaruhi kecenderungan-kecenderungan kajian penelitian yang diambilnya, salah satunya adalah faktor dosen pengajar yang mendominasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kecenderungan kajian penelitian mahasiswa tahun 2016 hingga 2023. Selain itu ujuan penelitian ini adalah menjelaskan relasi kuasa yang membentuk kecenderungan penelitian mahasiswa tahun 2016 hingga 2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah library reseacrh, sumber yang digunakan didapatkan dari sumber primer yang berupa skripsi serta sumber sekunder berupa artikel jurnal yang memiliki fokus penelitian yang sama. Dalam penelitian kali ini, peneliti menggunakan teori dari Paul Michel Foucault yang berbicara tentang teori power-knowledge, power knowledge menggambarkan tentang hubungan erat antara kekuasaan dan pengetahuan, pengetahuan tidak hanya menjadi alat untuk memahami dunia, tetapi bisa menjadi sarana untuk memperkuar dan mendistribusikan kekuasaan. Salah satu contohnya adalah pengaruh otoritas akademik, dalam hal ini seorang dosen dan institusi sebuah kampus memiliki kekuasaan untuk menentukan kecocokan serta mengarahkan skripsi seorang mahasiswa kedalam sebuah jurusan. Sehingga power knowledge dalam dunia pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai menyebarkan pengetahuan, tetapi berfungsi untuk membentuk pola pikir, perilaku, dan struktur sosial
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren skripsi di bidang ini cenderung dipengaruhi oleh preferensi metodologis dosen pembimbing, kebutuhan institusi, serta isu-isu sosial yang sedang berkembang. Salah satu contohnya tren penelitian yang sangat mendominasi adalah kajian penelitian tematik dalam jangka waktu tahun 2016 hingga 2023 dengan jumlah skripsi 53. Relasi kuasa dalam penulisan skripsi mahasiswa mencerminkan hubungan antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses akademik, seperti mahasiswa, dosen pembimbing, institusi pendidikan, dan kebijakan akademik. Relasi ini tidak hanya memengaruhi konten dan proses penulisan skripsi tetapi juga membentuk pengalaman mahasiswa secara keseluruhan.
Kata Kunci: Al-Qur’an dan Tafsir, Relasi Kuasa, Skripsi.


Ketersediaan

SK202520002.12x1 PRA tPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x1
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
92 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this