Image of PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PROGRAM KHUSUS MENJAHIT DI SLB NEGERI BOYOLALI
PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PROGRAM KHUSUS MENJAHIT DI SLB NEGERI BOYOLALI

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PROGRAM KHUSUS MENJAHIT DI SLB NEGERI BOYOLALI PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENGEMBANGKAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI PROGRAM KHUSUS MENJAHIT DI SLB NEGERI BOYOLALI



Anik Musriah. 201221231. Peran Guru Pendamping dalam Mengembangkan Minat Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Khusus Menjahit di SLB Negeri Boyolali. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Anak Berkebutuhan Khusus merupakan anak yang memerlukan perawatan khusus akibat perkembangan yang dialami anak tersebut. Peran guru pendamping merupakan seorang yang dapat mengembangkan minat anak berkebutuhan khusus di SLB. SLB Negeri Boyolali terdapat program khusus yang dapat mengembangkan minat anak berkebutuhan khusus dengan program khusus menjahit bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam mengatasi minat anak berkebutuhan khusus yang rendah dalam mengembangkan minat mereka, maka guru pendamping menggunakan program khusus menjahit bagi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendamping dalam mengembangkan minat anak berkebutuhan khusus melalui program khusus menjahit di SLB Negeri Boyolali.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini ada 2 orang yaitu guru pendamping yang bekerja di SLB Negeri Boyolali. Teknik penentuan subjek dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Peran guru sebagai fasilitator bagi anak berkebutuhan khusus dapat diperoleh bahwa guru sebagai penyedia fasilitas yang diberikan sekolah kepada anak berkebutuhan khusus yang dapat digunakan oleh siswa. Peran guru pendamping sebagai motivator selama proses pembelajaran program khusus menjahit memberikan motivasi sebagai pembangkit minat anak berkebutuhan khsusus dilakukan guru dengan memberikan motivasi kepada mereka. Guru Pendamping sebagai mediator menggunakan media berupa handphone dan laptop sebagai media pembelajaran keterampilan menjahit. Guru pendamping mendampingi anak berkebutuhan khusus dengan sabar dan mengajarkan anak-anak dengan pelan-pelan sesuai dengan kemampuan masing-masing.


Kata kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, minat, program khusus menjahit


Ketersediaan

SK202530060.12X7.15 MUS pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.15)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 MUS p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
82 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this