Detail Cantuman
Advanced SearchBIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MEMBINA KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH 04 SIMO
Hepy Eka Nur’aini (201221217), Bimbingan Keagamaan untuk Membina Kedisiplinan Anak Asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah 04 Simo. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Tahun 2024.
Kedisiplinan harus diterapkan sejak kecil agar dapat melekat pada kepribadian anak sampai anak dewasa. Panti asuhan memiliki peran penting dalam mendidik anak yang kurang mendapatkan perhatian dan didikan dari kedua orang tuanya. Panti asuhan memberikan bimbingan untuk membina kedisiplinan misalnya disiplin waktu, beribadah, menaati aturan dan bersikap. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk membina kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah 04 Simo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan 2 subjek utama dan 3 subjek tambahan. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku kurang disiplin anak asuh meliputi terlambat mengikuti shalat berjamaah, tidak mengikuti belajar bersama, tidak mengikuti kegiatan, dan melanggar tata tertib. Pelaksanaan bimbingan keagamaan meliputi beberapa tahap antara lain tahap pertama perencanaan, pengasuh mempersiapkan kebutuhan yang akan digunakan berupa jadwal pelaksanaan, materi yang akan digunakan, dan metode yang akan digunakan. Tahap kedua pelaksanaan, dimana pengasuh melaksanaan bimbingan sesuai dengan perencanaan awal, memberikan materi bimbingan keagamaan berupa adab sopan santun, aqidah, akhlak, dan syariah. Penyampaian materi dengan menggunakan ceramah, dan metode penerapannya menggunakan metode keteladanan, metode nasihat, dan metode hukuman hadiah. Tahap ketiga evaluasi, penilaian yang dilakukan oleh pengasuh untuk melakukan tindak lanjut. Hasil pemberian bimbingan untuk membina kedisiplinan, anak asuh mulai menunjukkan perubahan seperti shalat tepat waktu, mengikuti belajar bersama, mengikuti kegiatan, dan mamatuhi peraturan.
Kata Kunci: Bimbingan Keagamaan, Kedisiplinan
Ketersediaan
| SK202530059.1 | 2X7.15 NUR b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.15) | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.15 NUR b
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
70 hal, 30 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.15
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
HEPY EKA NUR’AINI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






