Image of BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MEMBINA KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH 04 SIMO

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MEMBINA KEDISIPLINAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH 04 SIMO



Hepy Eka Nur’aini (201221217), Bimbingan Keagamaan untuk Membina Kedisiplinan Anak Asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah 04 Simo. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Tahun 2024.
Kedisiplinan harus diterapkan sejak kecil agar dapat melekat pada kepribadian anak sampai anak dewasa. Panti asuhan memiliki peran penting dalam mendidik anak yang kurang mendapatkan perhatian dan didikan dari kedua orang tuanya. Panti asuhan memberikan bimbingan untuk membina kedisiplinan misalnya disiplin waktu, beribadah, menaati aturan dan bersikap. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk membina kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan ‘Aisyiyah 04 Simo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan 2 subjek utama dan 3 subjek tambahan. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku kurang disiplin anak asuh meliputi terlambat mengikuti shalat berjamaah, tidak mengikuti belajar bersama, tidak mengikuti kegiatan, dan melanggar tata tertib. Pelaksanaan bimbingan keagamaan meliputi beberapa tahap antara lain tahap pertama perencanaan, pengasuh mempersiapkan kebutuhan yang akan digunakan berupa jadwal pelaksanaan, materi yang akan digunakan, dan metode yang akan digunakan. Tahap kedua pelaksanaan, dimana pengasuh melaksanaan bimbingan sesuai dengan perencanaan awal, memberikan materi bimbingan keagamaan berupa adab sopan santun, aqidah, akhlak, dan syariah. Penyampaian materi dengan menggunakan ceramah, dan metode penerapannya menggunakan metode keteladanan, metode nasihat, dan metode hukuman hadiah. Tahap ketiga evaluasi, penilaian yang dilakukan oleh pengasuh untuk melakukan tindak lanjut. Hasil pemberian bimbingan untuk membina kedisiplinan, anak asuh mulai menunjukkan perubahan seperti shalat tepat waktu, mengikuti belajar bersama, mengikuti kegiatan, dan mamatuhi peraturan.

Kata Kunci: Bimbingan Keagamaan, Kedisiplinan


Ketersediaan

SK202530059.12X7.15 NUR bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.15)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 NUR b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
70 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this