Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Representasi Maskulinitas dalam Video Klip Jungkook ‘Seven (feat. Latto)’ (Analisis Semiotik Roland Barthes)
Yeni Nur Aeni. NIM 201211037. Representasi Maskulinitas dalam Video Klip Jungkook ‘Seven (feat. Latto)’ (Analisis Semiotik Roland Barthes). Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Media massa memainkan peran sentral dalam membentuk opini publik dan menyebarkan informasi. Media massa mempengaruhi nilai-nilai masyarakat dan dapat mengubah atau memperkenalkan nilai-nilai baru. Salah satu nilai yang dipengaruhi oleh media adalah konsep maskulinitas, yang merupakan produk budaya. Maskulinitas di berbagai budaya memiliki ciri khas berbeda, dan media sering menjadi sarana untuk menyebarkan konsep ini. Budaya menentukan sifat laki-laki dan perempuan. K-Pop, sebagai bagian dari budaya populer, berperan penting dalam membentuk maskulinitas. Boyband Korea, seperti BTS, menampilkan maskulinitas yang menggabungkan kelembutan dan ketangguhan. Jungkook sebagai anggota termuda BTS mengalami transformasi signifikan dari "bayi besar" menjadi simbol maskulinitas yang kuat dan elegan. Video klip Jungkook, khususnya "Seven," menonjolkan karakteristik unik dari maskulinitas yang menarik untuk diteliti.
Penelitian ini merupakan analisis teks karena menggunakan video klip "Seven" sebagai data penelitiannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang akan mendeskripsikan gambaran bagaimana representasi maskulinitas dalam video klip Jungkook ‘Seven’ (analisis semiotika Roland Barthes). Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian ini adalah video klip "Seven" dan objek penelitian ini adalah representasi maskulinitas yang digambarkan melalui potongan scene dalam video klip "Seven". Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis semiotika dengan model Roland Barthes. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan juga teknik triangulasi observasi.
Penelitian ini menemukan bahwa video klip Jungkook "Seven" menggambarkan maskulinitas sebagai konsep yang kompleks dan multidimensi,, melampaui batasan maskulinitas tradisional dengan menggabungkan berbagai elemen fashion, aksi berani, dan perhatian terhadap pasangannya. Jungkook menunjukkan maskulinitas metroseksual, Be a Sturdy Oak, New Man as Nurturer, Soft Masculinity dan New Man as Narcissist. Transformasi Jungkook dari "bayi besar" menjadi pria dewasa yang maskulin mencerminkan pertumbuhannya sebagai individu dan seniman. Melalui media massa, citra ini membantu mendefinisikan ulang maskulinitas, menunjukkan bahwa maskulinitas dapat diekspresikan dengan berbagai cara yang unik dan menarik, memperkaya cara seseorang mengekspresikan dirinya.
Kata Kunci: Representasi Maskulinitas, Video Klip "Seven", Semiotika Roland Barthes.
Ketersediaan
| SK202440154.1 | 2X7.5 YEN r | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 YEN r
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Yeni Nur Aeni
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






