Image of Pesan Dakwah Dalam Iklan Di Kanal Youtube Garena Free Fire Indonesia Edisi “Ramadan Bersama Free Fire !”

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Pesan Dakwah Dalam Iklan Di Kanal Youtube Garena Free Fire Indonesia Edisi “Ramadan Bersama Free Fire !”



Eko Nur Lathifur Rohman. Nim 171211107. Pesan Dakwah dalam Iklan Dikanal Youtube Garena Free Fire Indonesia dengan Edisi “Ramadan Bersama Free Fire!”. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Seiring dengan banyaknya aplikasi game online yang ada di play store maka timbul persaingan yang ketat oleh karena itu aplikasi game online mengunakan iklan sebagai media untuk meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi. Iklan sekarang dibuat secara inovatif dan mengikuti trend yang ada salah satunya iklan game online Free Fire pada tahun 2022. Saat itu garena free fire mengeluarkan iklan bertemakan “ Ramadan bersama Free Fire!” yang tayang di youtube garena free fire Indonesia munculnya iklan ini dalam rangka menyambut bulan Ramadan, iklan ini berbentuk animasi yang menceritakan keseharian selama puasa.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotik Charles Sanders Pierce dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Memakai 3 tahapan menurut Charles Sanders Pierce yaitu tanda (sign), objek (object), dan penggunaan tanda (interprentant). Peneliti memakai tehnik pengumpulan data dengan mengkaji iklan “Ramadan bersama free fire! ”. Iklan yang bertema “ramadan bersama free fire!” terdapat 5 scene dengan durasi 02.08 menit dan didalam 5 scene iklan semua memiliki pesan dakwah.
Hasil analisis data menemukan tanda pesan dakwah pada iklan edisi “Ramadan bersama free fire!” dengan kriteria pesan dakwah yang diklasifikasikan kedalam 3 hal diantaranya aqidah, syariah, ahlak. Kemudian untuk pesan aqidah dari kelima scene tidak ada yang mengambarkan aqidah, untuk pesan dakwah syari’ah puasa sampai akhir dan tidak menunda berbuka puasa. menyayangi mahluk, tidak menunda berbuka puasa. Yang terakhir pesan dakwah ahlak menyayangi mahluk, berbakti pada orang tua dan menahan amarah. Pesan dakwah sekarang bisa disampaikan dengan berbagai cara mengikuti kemajuan zaman.


Kata Kunci : Iklan, Semiotik, Pesan Dakwah


Ketersediaan

SK202440137.12X7.5 EKO pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 EKO p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this