Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Pesan Dakwah Dalam Iklan Di Kanal Youtube Garena Free Fire Indonesia Edisi “Ramadan Bersama Free Fire !”
Eko Nur Lathifur Rohman. Nim 171211107. Pesan Dakwah dalam Iklan Dikanal Youtube Garena Free Fire Indonesia dengan Edisi “Ramadan Bersama Free Fire!”. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Seiring dengan banyaknya aplikasi game online yang ada di play store maka timbul persaingan yang ketat oleh karena itu aplikasi game online mengunakan iklan sebagai media untuk meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi. Iklan sekarang dibuat secara inovatif dan mengikuti trend yang ada salah satunya iklan game online Free Fire pada tahun 2022. Saat itu garena free fire mengeluarkan iklan bertemakan “ Ramadan bersama Free Fire!” yang tayang di youtube garena free fire Indonesia munculnya iklan ini dalam rangka menyambut bulan Ramadan, iklan ini berbentuk animasi yang menceritakan keseharian selama puasa.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotik Charles Sanders Pierce dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Memakai 3 tahapan menurut Charles Sanders Pierce yaitu tanda (sign), objek (object), dan penggunaan tanda (interprentant). Peneliti memakai tehnik pengumpulan data dengan mengkaji iklan “Ramadan bersama free fire! ”. Iklan yang bertema “ramadan bersama free fire!” terdapat 5 scene dengan durasi 02.08 menit dan didalam 5 scene iklan semua memiliki pesan dakwah.
Hasil analisis data menemukan tanda pesan dakwah pada iklan edisi “Ramadan bersama free fire!” dengan kriteria pesan dakwah yang diklasifikasikan kedalam 3 hal diantaranya aqidah, syariah, ahlak. Kemudian untuk pesan aqidah dari kelima scene tidak ada yang mengambarkan aqidah, untuk pesan dakwah syari’ah puasa sampai akhir dan tidak menunda berbuka puasa. menyayangi mahluk, tidak menunda berbuka puasa. Yang terakhir pesan dakwah ahlak menyayangi mahluk, berbakti pada orang tua dan menahan amarah. Pesan dakwah sekarang bisa disampaikan dengan berbagai cara mengikuti kemajuan zaman.
Kata Kunci : Iklan, Semiotik, Pesan Dakwah
Ketersediaan
| SK202440137.1 | 2X7.5 EKO p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 EKO p
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Eko Nur Lathifur Rohman
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






