Image of Strategi Bimbingan Kepribadian Dalam Membentuk Adaptasi Sosial Klien Bebas Bersyarat Di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Strategi Bimbingan Kepribadian Dalam Membentuk Adaptasi Sosial Klien Bebas Bersyarat Di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta



Hannisa Salsabillah Putri. 20.12.21.213, Strategi Bimbingan Kepribadian Dalam Membentuk Adaptasi Sosial Klien Bebas Bersyarat di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Raden Mas Said Surakarta. 2024

Klien bebas bersyarat di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta mengalami permasalahan adaptasi sosial yaitu merasa kurang percaya diri berbaur dengan masyarakat seperti dahulu dan ketakutan klien tidak diterima oleh masyarakat. Maka dari itu dibutuhkan strategi bimbingan kepribadian yang dilakukan oleh pembimbing kemasyrakatan untuk membantu klien bisa beradaptasi sosial dan dapat diterima oleh masyarakat. Dimana dalam pemberian strategi tersebut pembimbing kemasyarakatan memberikan bimbingan dan arahan agar klien dapat bersosialisasi dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembimbing kemasyarakatan dalam membantuk adaptasi sosial klien bebas bersyarat di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surakarta. Subjek utama pada penelitian ini dua pembimbing kemasyarakatan, dan dua klien bebas bersyarat sebagai pendukung yang dipilih secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah, strategi bimbingan kepribadian yang dilakukan oleh pembimbing kemasyrakatan bagi klien bebas bersyarat meliputi : 1) Strategi kerohanian, yang berfokus pada pendekatan diri kepada Tuhan sesuai agama masig- masing. 2) Strategi individu, berfokus dalam bimbingan tatap muka dalam menangani permasalahan klien. 3) Strategi home visit berfokus pada memastikan perkembangan klien dalam adaptasi dikeluarga maupun masyarakat. 4) Strategi pembimbing peran aktif dimasyarakat berfokus pada penyesuaian diri klien dalam beradaptasi dimasyarakat. 5) Penyuluhan peningkatan kepercayaan diri berfokus pada pemberian motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri agar klien dapat beradptasi sosial. 6) Strategi intektual, sikap dan perilaku berfokus pada memberi arahan merubah pola pikirnya menuju perubahan baik.

Kata kunci : Bimbingan kepribadian, adaptasi sosial, Klien bebas bersyarat


Ketersediaan

SK202430220.12X7.15 HAN sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 HAN s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this