Image of Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Guna     Mereduksi Kecemasan Sosial Anak Di Lksa Yayasan Nur Hidayah Surakarta

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Guna Mereduksi Kecemasan Sosial Anak Di Lksa Yayasan Nur Hidayah Surakarta



Annisa’ Nurrohmah, 201221037, Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Guna Mereduksi Kecemasan Sosial Anak di LKSA Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Raden Mas Said Surakarta 2024.
Kecemasan sosial anak adalah kekhawatiran terhadap situasi sosial dan ketakutan akan dievaluasi atau diteliti oleh orang lain, disertai dengan kekhawatiran akan diejek atau dipermalukan. Salah satu alternatif solusi untuk mereduksi kecemasan sosial pada anak adalah dengan menggunakan layanan konseling individual dengan teknik reframing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling individual dengan teknik reframing dapat mereduksi kecemasan anak di LKSA Yayasan Nur Hidayah Surakarta.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan menggunakan 3 siklus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dari 30 anak diambil data 10 anak yang menunjukkan kecemasan tinggi dan sangat tinggi. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Adapun dalam perhitungan skala menggunakan perhitungan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pengisian angket pra tindakan dan setelah dilakukan perhitungan terbukti bahwa kecemasan sosial anak di LKSA masih tinggi yaitu dari 10 anak di LKSA Yayasan Nur Hidayah Surakarta ada 9 anak yang mengalami kecemasan sosial tinggi dan 1 anak dalam kategori kecemasan sosial sangat tinggi. Saat pelaksanaan tindakan siklus I awalnya konseli masih malu dan ragu dalam mengutarakan permasalahannya, pada tahap pelaksanaan konseling individual pertemuan kedua konseli sudah mulai memahami apa itu konseling individual dan berperan aktif dalam mengikuti layanan sehingga hasil siklus I menunjukkan kriteria 40%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil presentase 70% dengan menunjukkan adaya 7 anak yang mengalami penurunan kecemasan sosial. Pada siklus ke III anak-anak semakin memahami teknik reframing yang diberikan sehingga terdapat 8 anak yang menunjukkan adanya penurunan kecemasan sosial dengan presentase 80% hal tersebut sudah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 76%-100%. Dengan ini Ha diterima dan Ho ditolak artinya, konseling individual dengan teknik reframing efektif dalam mereduksi kecemasan sosial pada anak-anak di LKSA Yayasan Nur Hidayah Surakarta.
Kata Kunci : Konseling Individual, Reframing, Kecemasan Sosial anak


Ketersediaan

SK202430214.12X7.15 ANN kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 ANN k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this