Image of Konsep Diri Siswa Paket C Di Lembaga Ppap Seroja Surakarta Dalam Menghadapi Persepsi Negatif Masyarakat

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Konsep Diri Siswa Paket C Di Lembaga Ppap Seroja Surakarta Dalam Menghadapi Persepsi Negatif Masyarakat



Heni Sri Winartiningsih. 201221161, Konsep Diri Siswa Paket C di Lembaga PPAP Seroja Surakarta Dalam Menghadapi Persepsi Negatif Masyarakat. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa paket C yang pernah mendapatkan persepsi negatif dari masyarakat mengenai dirinya sebagai siswa paket C yang memilih untuk melanjutkan sekolah di paket C. Konsep diri dalam hal ini berperan agar siswa paket C di Lembaga PPAP Seroja Surakarta ini dapat menerima keadaan dirinya dan menyikapi persepsi negatif dari masyarakat mengenai dirinya dengan lebih baik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa paket C di Lembaga PPAP Seroja Surakarta dalam menghadapi persepsi negatif dari masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana peneliti menjelaskann dan mendeskripsikan tentang hasil temuan lapangan. Narasumber dalam penelitian ini adalah 5 orang, 3 siswa paket c sebagai subjek utama dan 2 masyarakat sebagai subjek pendukung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan ditemukan adanya persepsi negatif masyarakat terhadap siswa paket C dikarenakan menganggap jika siswa yang melanjutkan pendidikan di sekolah non formal ini karena faktor negatif, beberapa contohnya karena diangap siswa yang nakal atau karena tidak bisa melanjutkan karena tidak memenuhi syarat untuk masuk sekolah formal. Ketiga subjek utama siswa paket C memiliki konsep diri positif. Hal tersebut terlihat dari subjek yang menerima keadaan dirinya, tidak merasa minder, percaya diri, memiliki hubungan interaksi yang baik dengan masyarakat di lingkungannya, menerima kritik dengan sikap yang lebih baik, meluangkan waktu untuk beribadah dan memiliki keyakinan yang baik akan kemampuan yang dimiliki. Selanjutnya siswa paket C memiliki tahapan sebelum akhirnya menjadi konsep diri positif, tahapan yang diungkapkan oleh ketiga subjek utama yakni dengan berfikir positif mengenai keadaan dirinya, mengenali dirinya, menerima dan menghargai dirinya sebagai salah satu siswa paket C, serta berupaya untuk berfikir positif mengenai keadaan dirinya.



Kata Kunci: Konsep Diri, Persepsi Negatif, Siswa Paket C


Ketersediaan

SK202430193.12X7.15 HEN kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 HEN k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this