Image of Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Cerebral Palsy Di Mi Muhammadiyah Program Khusus Kartasura

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Cerebral Palsy Di Mi Muhammadiyah Program Khusus Kartasura



Dyah Mei Diningrum. NIM: 201221159. BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK CEREBRAL PALSY DI MI MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KARTASURA. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Bimbingan belajar merupakan layanan yang diberikan di sekolah. Proses dimana guru memberikan nasehat dan dukungan kepada siswa dalam rangka mengembangkan potensi yang dimilikinya. Guru sebagai seseorang yang banyak berperan andil dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa walaupun siswa memiliki keterbatasannya sendiri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bimbingan belajar dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan, menjelaskan, dan mengklarifikasi kebenaran tentang fenomena yang terjadi mengenai proses bimbingan belajar dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura. Dengan subjek utama sebanyak 1 orang yaitu guru pendamping dan subjek pendukung 1 orang yaitu guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan guru pendamping dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy memberikan bimbingan dan tindakan yang diterapkan di sekolah untuk membantu meningkatkan kosakata anak cerebral palsy. Adapun hal-hal yang diterapkan guru diantaranya. 1) memulai interaksi terlebih dahulu. 2) membantu anak untuk latihan vokal AIUEO di waktu senggang. 3) menuntun anak untuk menggunakan tempo yang lebih rendah saat berbicara. Hasil bimbingan belajar yang diterapkan oleh guru pendamping terbukti efektif karena adanya perubahan dan peningkatan yang ditunjukkan oleh anak cerebral palsy.

Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kosakata, Anak Cerebral Palsy


Ketersediaan

SK202430192.12X7.15 DYA bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 DYA b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this