Detail Cantuman
Advanced SearchBIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Cerebral Palsy Di Mi Muhammadiyah Program Khusus Kartasura
Dyah Mei Diningrum. NIM: 201221159. BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK CEREBRAL PALSY DI MI MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KARTASURA. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Bimbingan belajar merupakan layanan yang diberikan di sekolah. Proses dimana guru memberikan nasehat dan dukungan kepada siswa dalam rangka mengembangkan potensi yang dimilikinya. Guru sebagai seseorang yang banyak berperan andil dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa walaupun siswa memiliki keterbatasannya sendiri. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bimbingan belajar dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan, menjelaskan, dan mengklarifikasi kebenaran tentang fenomena yang terjadi mengenai proses bimbingan belajar dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy di MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura. Dengan subjek utama sebanyak 1 orang yaitu guru pendamping dan subjek pendukung 1 orang yaitu guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan guru pendamping dalam meningkatkan kosakata anak cerebral palsy memberikan bimbingan dan tindakan yang diterapkan di sekolah untuk membantu meningkatkan kosakata anak cerebral palsy. Adapun hal-hal yang diterapkan guru diantaranya. 1) memulai interaksi terlebih dahulu. 2) membantu anak untuk latihan vokal AIUEO di waktu senggang. 3) menuntun anak untuk menggunakan tempo yang lebih rendah saat berbicara. Hasil bimbingan belajar yang diterapkan oleh guru pendamping terbukti efektif karena adanya perubahan dan peningkatan yang ditunjukkan oleh anak cerebral palsy.
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kosakata, Anak Cerebral Palsy
Ketersediaan
| SK202430192.1 | 2X7.15 DYA b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.15 DYA b
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.15
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Dyah Mei Diningrum
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






