Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Hiperrealitas Kecantikan Wanita Korea Selatan Dalam Iklan Scarlett Whitening Edisi Reveal Your Beauty With Twice And Scarlett! (Analisis Semiotika Jean Baudrillard)
Regita Nuke Permatasari, NIM 191211056. “Hiperrealitas Kecantikan Wanita Korea Selatan Dalam Iklan Scarlett Whitening Edisi Reveal Hour Beauty With Twice And Scarlett! (Analisis Semiotika Jean Baudrillard)”. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Pergeseran standar kecantikan ke arah gaya Korea mempunyai dampak yang besar di Indonesia. Dalam waktu singkat, K-beauty berhasil menarik perhatian dunia, seiring dengan Hallyu (Korean Wave), K-beauty sedang meningkat. Tren K- beauty yang telah memukau perempuan-perempuan di Indonesia telah menciptakan standar kecantikan baru.Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hiperrealitas kecantikan wanita Korea Selatan dalam iklan Scarlett Whitening (Reveal Your Beauty With Twice And Scarlett!). Pemilihan Twice sebagai brand ambassador yang menuai kontra karena notabene Scarlett Whitening adalah skincare pemutih tubuh, sedangkan Twice sudah lebih dahulu memiliki warna kulit putih sebelum menggunakan Scarlett Whitening. Media iklan yang mem-blow up sebuah produk dengan kecantikan yang tidak realistis. Adanya perbedaan konsep kecantikan antara idol K-POP Korea Selatan dan masyarakat Indonesia yang membuat standarisasi kecantikan berubah menjadi seperti idol K-POP.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang akan menggambarkan bagaimana hiperrealitas kecantikan wanita Korea Selatan dalam iklan Scarlett Whitening (“Reveal Your Beauty With Twice and Scarlett!”) melalui tinjuan analisis semiotika Jean Baudrillard dengan pengumpulan datanya melalui dokumentasi pada video iklan Scarlett Whitening “Reveal Your Beauty With Twice And Scarlett!” dengan analisis semiotika teori Jean Baudrillard. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian ini adalah video iklan Scarlett Whitening edisi “Reveal Your Beauty With Twice and Scarlett” objek penelitian ini adalah Hiperrealitas kecantikan wanita Korea Selatan yang digambarkan melalui potongan adegan serta dubbing dalam video iklan Scarlett Whitening. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan peniliti adalah Analisis semiotika dengan model Jean Baudrillard. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik observasi.
Berdasarkan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa hiperrealitas kecantikan yang digambarkan oleh iklan Scarlett Whitening edisi “Reveal Your Beauy With Twice And Scarlett” yang telah diteliti melalui analisis semiotika berupa simulasi, simulakra dan simulakrum pemikiran Jean Baudrillard. Dalam iklan juga menggambarkan representasi media atas kecantikan semu dan hiperrealitas atas konsep kecantikan yang berbeda
Kata Kunci : Hiperrealitas Kecantikan, Iklan Scarlett Whitening, Semiotika Jean Baudrillard.
Ketersediaan
| SK202440168.1 | 2X7.5 REG h | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 REG h
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Regita Nuke Permatasari
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






