Detail Cantuman
Advanced SearchAQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
Analisis Motivasi Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta Perspektif Hierarki Nilai Max Scheler
Sekar Dyah Utami, 191121023, Analisis Motivasi Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta Perspektif Hierarki Nilai Max Scheler, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Jurusan Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024. Media sosial instagram menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia termasuk Indonesia. Pengguna terbanyak media sosial instagram di Indonesia adalah kaum muda termasuk mahasiswa. Penggunaan instagram oleh mahasiswa sangat bervariasi karena setiap orang pasti memiliki motif tersendiri untuk memanfaatkan instagram termasuk mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Motivasi penggunaan instagram dikaitkan dengan pemikiran Max Scheler tentang hierarki nilai. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta? (2) Bagaimana relevansi konsep hierarki nilai Max Scheler dalam penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta? Serta tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan motivasi penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta, (2) Menjelaskan relevansi konsep hierarki nilai Max Scheler dalam media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 25 mahasiswa aktif UIN Raden Mas Said Surakarta. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, vestehen dan interpretasi.
Hasil penelitian ini (1) motivasi penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta terdapat empat motif. Motif diversi, Motif Social utility/kepentingan sosial, Motif kognitif, Motif penguatan keagamaan atau religious strengthening motive. (2) Relevansi konsep hierarki nilai Max Scheler dalam motivasi penggunaan media sosial instagram pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Motif diversi masuk ke dalam hierarki nilai pertama, yaitu nilai kesenangan. Kedua, motif Social utility/kepentingan sosial masuk ke dalam hierarki nilai kedua, yaitu nilai vitalitas. Ketiga, motif kognitif masuk ke dalam hierarki nilai. Ketiga, yaitu nilai spiritual. Keempat, motif penguatan keagamaan atau religious strengthening motive masuk ke dalam hierarki nilai yang keempat, yaitu nilai kesucian.
Kata Kunci: Media sosial, Instagram, Motivasi, Hierarki Nilai Max Scheler
Ketersediaan
| SK20241039.1 | 2X3 SEK a | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X3 SEK a
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X3
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
Sekar Dyah Utami
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






