Detail Cantuman
Advanced SearchMANAJEMEN DAKWAH
Strategi Adaptasi PT Nusantara Tour Cabang Pasar Gede Solo Terhadap Dampak Pandemi Covid-19
Ali Sodikin. NIM: 171231034. Strategi Adaptasi PT Nusantara Tour Cabang Pasar Gede Solo Terhadap Dampak Pandemi Covid-19. Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Nusantara tour merupakan salah satu perusahaan jasa yang memfasilitasi perjalanan wisata domestik, mancanegara, layanan tiket penerbangan, kapal pesiar, corporate travel service, reservasi hotel, dokumen perjalanan, airport assistance. Masalah dalam penelitian ini berfokus pada selama masa pandemi Covid-19, industri pariwisata mengalami dampak besar, salah satunya yaitu penurunan Kunjungan Pariwisata, wisatawan mengurangi perjalanan mereka karena kekhawatiran akan penularan virus. Destinasi pariwisata terkena dampak serius, terutama yang bergantung pada pariwisata.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif – penelitian kontekstual yang menggunakan manusia sebagai instrumen dan disesuaikan dengan situasi yang wajar. Adapun metodologi data deskripsi berupa tulisan, lisan dan perilaku yang diamati serta dapat menggambarkan secara jelas tentang Strategi Adaptasi PT Nusantara Tour. Sumber data yang dari penelitian skripsi ini adalah menggunakan data primer yaitu hasil wawancara langsung dimana pewawancara membuat pedoman wawancara untuk diajukan kepada responden penelitian. Informan atau narasumber penelitian ini diantaranya, Supervisor, Travel Consultan, karyawan/karyawati yang masih bekerja di kantor Nusantara Tour Solo.
Berdasarkan hasil riset ini, strategi adaptasi yang dilakukan PT Nusantara Tour saat pandemi covid-19 adalah memotivasi pegawai dengan cara membangun struktur organisasi yang efektif, mengarahkan upaya pemasaran, membuat angaran, mengembangkan dan memberdayakan sistem informasi. Selain itu, Nusantara Tour juga menerapkan strategi jangka pendek dengan tetap menjaga komitmen Perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik dan strategi jangka menengah seperti kebijakan pembatalan yang fleksibel untuk memberikan rasa nyaman kepada pelangan, serta memfasilitasi penjadwalan ulang tanpa biaya tambahan jika ada perubahan dalam rencana perjalanan. Dapat disimpulkan bahwa Pelaku usaha travel agent menghadapi masalah dalam pengelolaan usaha atau manajemen strategi, yang mencakup perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi bisnis. Saran dalam penelitian ini adalah PT Nusantara Tour senantiasa mengevaluasi pelayanan, pemanfaatan sosial media, dan konsistensi mengikuti perkembangan teknologi informasi.
Ketersediaan
| SK20245085.1 | 2X6.3 ALI s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X6.3 ALI s
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X6.3
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






