Detail Cantuman
Advanced SearchILMU AL QUR'AN DAN TAFSIR
Metode Penafsiran Buku I Love My Al-Qur’an (Ilma) Karya Tim Pelangi
Al-Qur’a>n merupakan mukjizat Nabi Muh}ammad SAW yang diturunkan oleh Allah SWT dalam dua fase, yaitu saat Nabi berada di Makkah dan Madinah. Al-Qur’a>n berfungsi sebagai dalil dan bukti atas kebenaran Rasu>lullah SAW, serta sebagai pedoman hidup, petunjuk syariat, dan ladang ibadah bagi yang membacanya. Manusia memerlukan penafsiran Al-Qur’a>n karena bahasanya yang kompleks, yang melahirkan berbagai metode penafsiran, seperti ijma>li, tah}lili, maudhu'i, dan muqarrin. Pentingnya pemahaman Al-Qur’a>n sejak usia dini ditekankan dalam Isla>m , sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Rasu>lullah SAW. Namun pemahaman tafsir Al-Qur’a>n untuk anak- anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa, maka dari itu saat ini banyak buku yang menjelaskan penafsiran Al-Qur’a>n yang bersahabat un4tuk anak- anak. Salah satunya “I Love My Al-Qur’a>n (ILMA) yang diterbitkan oleh tim Pelangi Mizan.
Penelitian ini bertujuan mengungkap metode yang digunakan dalam penafsiran buku I Love My Al-Qur’a>n (ILMA) Karya Tim Pelangi MIZAN dan kelebihan serta kekurangan pada buku ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun analisisnya menggunakan dekriptif analisis. Jenis penelitiannya menggunakan library research (penelitian pustaka), sedangkan sumber data primernya menggunakan buku I Love My Al-Qur’a>n (ILMA). dan didukung dengan berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian tersebut.
Penelitian ini menemukan bentuk, metode, dan corak penafsiran dalam buku "I Love My Al-Qur’a>n (ILMA)" karya Irfan Amalee. Hasil analisis menunjukkan bahwa tafsi>r ini menggunakan bentuk penafsiran bil ra’yi, dengan penjelasan yang lebih banyak menggunakan metode ijma>li (global). Terdapat tiga corak yang berhasil diidentifikasi, yaitu 'ilmi (ilmiah), dan adabi ijtima'i dengan dominasi adabi ijtima’i. Kelebihan buku ini terletak pada penggunaan bahasa Indonesia yang mudah dipahami, tampilan fisik yang menarik, dan layout halaman yang unik. Namun, terdapat kekurangan terkait ilustrasi gambar yang sulit dipahami anak-anak bahkan orang dewasa, dan hasil penafsiran yang bersifat ringkas.
Ketersediaan
| SK20242046.1 | 2X1 ERI m | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X1 ERI m
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X1
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






