Image of Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Dalam Menangani Aduan Masyaraka Kota Magelang Melalui Kanal Pengaduan Monggo Lapor

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Dalam Menangani Aduan Masyaraka Kota Magelang Melalui Kanal Pengaduan Monggo Lapor



Nurul Ma’rifah (20.12.11.154) Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Dalam Menangani Aduan Masyaraka Kota Magelang Melalui Kanal Pengaduan Monggo Lapor. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024

Penelitian ini adalah tentang strategi komunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang dalam menangani aduan masyarakat melalui kanala pengaduan Monggo Lapor. Monggo Lapor merupakan sebuah ruang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dalam bentuk saran, usulan, dan pengaduan sambil memberikan informasi seputar Kota Magelang. Hadirnya Monggo Lapor dengan tujuan untuk menampung aduan atau aspirasi agar tidak salah diperuntukkan dan tidak salah manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang dalam menangani aduan masyarakat melalui kanal pengaduan Monggo Lapor.

Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang didukung oleh teori strategi komunikasi Anwar Arifin yaitu, mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, dan pemilihan media komunikasi. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang, dengan dua orang merupakan informan utama, dan lima orang merupakan informan pendukung. Data dikumpulkan melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik triangulasi sumber digunakan untuk memvalidasi keabsahan data yang diperoleh dalam penelitian ini.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang telah mempraktikkan strategi komunikasi dalam menangani aduan masyarakat melalui kanal pengaduan Monggo Lapor diantaranya yaitu, mengenal khalayak yang terdiri dari tim internal pengelolaan Monggo Lapor dan komunikan masyarakat kota magelang yang sudah melapor, kedua menyusun pesan berupa ajakan melapor aduan, ketiga menetapkan metode, dan keempat pemilihan media komunikasi untuk mempermudah komunikan menerima pesan.


Ketersediaan

SK202440110.12X7.5 NUR sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 NUR s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this