Image of Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Membentuk Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Colomadu

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Membentuk Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Colomadu



Istika Denta Rahma Sari (20.12.21.243) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Membentuk Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Colomadu. Skripsi, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta 2024.
Anak berkebutuhan khusus yaitu anak tunagrahita mempunyai intelektual dibawah rata – rata disertai dengan rendahnya perilaku adaftif pada anak. Anak tunagrahita bergantung pada orang lain dalam hal memenuhi kebutuhannya sendiri anak ada yang sudah mandiri dan ada pula yang sangat bergantung kepada orang lain. Dengan demikian perlunya bimbingan khusus untuk membentuk kemandirian pada anak tunagrahita ringan ini dengan menggunakan metode/ teknik yang sesuai dengan kemampuan anak tunagrahita ringan dengan teknik modeling. Karena teknik ini sesuai dengan kemampuan anak tunagrahita tidak dengan teori saja namun menggunakan model secara langsung.
Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dimana peneliti ber[peran sebagai instrument utama dan pengumpulan data dapat diperolah dari fakta – fakta temuan di lapangan untuk menganalisis kondisi objek yang akan diteliti. deskriftif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendukung data penelitian yang ada. Peneliti mewawancarai anak tunagrahita ringan sebagai objek dan wali kelas untuk mendapatkan data yuang akurat dengan perilaku kemandirian anak di sekolah. Dilanjutkan dengan wawancara terhadap orang tua sebagai data pendukung kemandirian anak tunagrahita Ketika di rumah.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkah laku kemandirian anak tunagrahita yang awalnya belum bisa makan sendiri menjadi bisa makan sendiri. Dengan melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling live model yang diberikan wali kelas untuk siswa di SLB N Colomadu. dimana disini anak dilatih dengan diberikan contoh model untuk diamati dan ditirukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling ini dapat membentuk kemandirian anak tunagrahita ringan di SLB N Colomadu.


Ketersediaan

SK202430111.12X7.15 IST bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 IST b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this