Image of Strategi Destinasi Branding Kampung Edukasi Untuk Meningkatkan Pengunjung Dan Menjadi Objek Wisata Unggulan Desa Kembangkuning Boyolali

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Destinasi Branding Kampung Edukasi Untuk Meningkatkan Pengunjung Dan Menjadi Objek Wisata Unggulan Desa Kembangkuning Boyolali



Reza Azhari Ramadhan, NIM: 201211158. Strategi Destinasi Branding Kampung Edukasi Untuk Meningkatkan Pengunjung Dan Menjadi Objek Wisata Unggulan Desa Kembangkuning Boyolali. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. UIN Raden Mas Said Surakarta. 2023
Pariwisata merupakan salah satu industri yang paling menjanjikan karena dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, salah satu negara yang memberdayakan sektor pariwisata adalah Indonesia bahkan sektor pariwisata bisa menjadi branding yang bagus untuk wilayah yang memiliki potensi industri pariwisata. Salah desa wisata yang berada dalam wilayah kabupaten boyolali memiliki salah satu kawasan wisata yang mampu mendongkrak prekonomian masyarakat sekitarnya.
Hal ini menjadi target bagi pihak pengelola dan pemerintah desa untuk semakin mengembangkan kawasan wisata, terdapat satu lokasi yang berpotensi untuk menjadi destinasi wisata unggulan adalah kampung edukasi yang terletak di desa kembangkuning, untuk mengetahui strategi destinasi branding tersebut peneliti menggunakan teori dari Morgan dan Pritchard dengan metodeologi penelitian kualitatif deskriptif .
Hasil temuan memaparkan bahwa ada lima tahapan destinasi branding yang di lakukan oleh pihak pengelola wisata kampung edukasi boyolali Tahap pertama, menganalisis apa yang berpotensi untuk di jadikan kawasan pariwisata dengan menggandeng stakeholder. Tahap kedua, mengembangkan identitas dengan memaksimalkan tiga layanan wisata. Tahap ketiga, mengenalkan produk kepada masyarakat menggunakan media sosial serta sosialisasi Tahap keempat, dengan imlementasi brand melalui simbol, slogan dan membuat link tree yang berisikan layanan wisata dan profile objek wisata. Tahap kelima, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pihak pengelola dan pokdarwis. Temuan lainnya yang peneliti dapatkan konsep kawasan wisata ini satu-satunya yang ada di Jawa Tengah


Ketersediaan

SK202440102.12X7.5 REZ sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 REZ s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this