Detail Cantuman
Advanced SearchMANAJEMEN DAKWAH
Manajemen Pelayanan Calon Jemaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali
Muhammad Alkautsar Bamazroek. NIM 201231080. Manajemen Pelayanan Calon Jemaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddain Dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta 2024
Ibadah Haji sejauh ini dipandang kurang berhasil dan Efisien. Perlu dilakukan perbaikan terhadap sistem dan administrasi pelayanan haji karena berdampak pada kualitas pelayanan dan perlindungan jemaah. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan nasehat, pelayanan, dan perlindungan jemaah haji. Sebelum pemberangkatan jemaah haji ke tanah suci, diharapkan pelayanan kepada jemaah haji bisa maksimal, efektif, dan efisien. Hal ini akan memberikan ketenangan bagi jemaah haji bahwa ibadah haji akan berjalan dengan sukses dan sesuai dengan ajaran agama.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Pelayanan Calon Jemaah Haji di kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian ialah karyawan atau staff di Kemenag Boyolali, dan calon jemaah haji yang mendaftar dan diberangkatkan pada tahun 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penulis mengartikan manajemen dalam penelitian ini yaitu suatu proses Perencanaan, Perorganisasian, Penggerakan dan Pengawasan suatu organisasi untuk memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji. Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab atas kesuksesan Penyelenggara Ibadah Haji di Kabupaten Boyolali. Bentuk pelayanan yang diberikan antara lain pelayanan pendaftaran, pembatalan haji bagi jemaah yang sakit dan meninggal, pengusulan jemaah haji lansia, penggabungan mahrom yang mendaftarkan terpisah, bimbingan manasik haji, pembagian kelompok regu dan kelompok rombongan serta perlindungan jemaah haji dengan berkoordinasi kepada dinas instansi terkait yang membantu melindungi jemaah haji yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Boyolali terlaksana dengan baik.
Ketersediaan
| SK20245056.1 | 2X6.3 MUH m | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X6.3 MUH m
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X6.3
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






