Detail Cantuman
Advanced SearchKOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Konten Marketing Tim Radio Solopos Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Animo Pendengar
Rodarenggo Diyana, NIM: 201211157. Strategi Konten Marketing Tim Radio Solopos Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Animo Pendengar. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Radio Solopos merupakan salah satu media konvensional yang berkonvergensi ke media sosial. Untuk mempertahnkan eksistensi dan menarik animo pendengar, Radio Solopos menyiapkan strategi konten marketing dengan membuat konten yang kemudian diposting dimedia sosial Radio Solopos. Kreatifitas Radio Solopos dalam rancangan konten sangat tepat diaplikasikan di media sosial, karena secara umum audiens menggunakan media sosial di kesehariannya. Konten berisi infografis, news, dan short video yang dapat dinikmati dan dipahami oleh audiens, namun kurang optimalnya interaktivitas antara audiens dengan Tim Radio Solopos di media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi konten marketing Tim Radio Solopos melalui media sosial dalam meningkatkan animo pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi konten marketing Tim Radio Solopos dalam meningkatkan animo pendengar melalui media sosial.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, data yang diperoleh hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi diperoleh melalui media sosial Radio Solopos, dilakukan melalui wawancara kepada beberapa informan baik secara offline dan online dengan teknik yang terstruktur. Dokumentasi berupa hasil wawancara, data lembaga, dan kegiatan produksi konten. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, kemudian disajikan dan ditarik kesimpulan. Pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber pada keabsahan data.
Hasil penelitian didapat berdasarkan data dan informan, dalam penelitian ini menunjukkan Radio Solopos aktif dalam menyajikan konten dimedia sosial Instagram. Informasi yang dimuat di konten meliputi infografis, news, dan short video. Radio Solopos menggunakan media sosial sebagai strategi kreatif dan sarana berinteraksi dengan audiens. Setelah dilakukannya penelitian, maka diperoleh hasil bahwa terdapat kesesuaian antara penelitian dengan teori. 5 elemen strategi kreatif dari Carr yaitu reader congnition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan faktor. Tim Radio Solopos memproduksi konten yang mudah dipahami oleh audiens, konten yang disajikan di media sosial Instagram yaitu, infografis, news¸dan short video. Konten yang disajikan dapat mendorong dan membujuk audiens untuk menjadi pendengar setia. Hal tersebut dapat dilihat setiap postingan akan mendapat like, DM, dan komentar dari audiens.
Ketersediaan
| SK20244083.1 | 2X7.5 ROD s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
2X7.5 ROD s
|
| Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
| Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
2X7.5
|
| Tipe Isi |
Text
|
| Tipe Media |
Text
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
Visual
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






