Image of Manajemen Komunikasi Pengelolaan Konten Instagram @Gibran_Rakabuming Dalam Mempertahankan City Branding Kota Surakarta

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Manajemen Komunikasi Pengelolaan Konten Instagram @Gibran_Rakabuming Dalam Mempertahankan City Branding Kota Surakarta



Alief Daffa Marenta, NIM 191211122. “Manajemen Komunikasi Pengelolaan Konten Instagram @gibran_rakabuming Dalam Mempertahankan City Branding Kota Surakarta”. Skripsi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.

Manajemen komunikasi dan pengelolaan konten memainkan peran penting dalam city branding Kota Surakarta. Melalui Instagram @gibran_rakabuming, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming dan tim pengelola Instagram @gibran_rakabuming menghadirkan beragam konten yang memperkuat identitas kota, sehingga mampu bersaing dengan kota lain dalam menarik turis, penanam modal, dan meningkatkan kualitas hubungan warga dengan kota. City branding bertujuan untuk membangun diferensiasi dan memperkuat identitas kota, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana akun @gibran_rakabuming memanfaatkan media sosial untuk mempertahankan city branding Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu gabungan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif bersifat induktif dan kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis untuk memahami makna, keunikan, dan mengkonstruksi fenomena pengelolaan konten media sosial dan city branding Kota Surakarta melalui akun Instagram
@gibran_rakabuming.

Hasil analisis menunjukkan bahwa tim pengelola Instagram @gibran_rakabuming telah menerapkan manajemen komunikasi secara komprehensif dalam pengelolaan konten akun Instagram @gibran_rakabuming. Tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun konsep konten yang menarik untuk ditampilkan. Pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas kepada tim yang terdiri dari digital content manager, videografer, copywriter, fotografer, desain grafis, dan sutradara konten. Tahap pelaksanaan melibatkan jadwal produksi yang terkoordinasi dengan pihak terkait untuk menghasilkan konten berkualitas. Tahap pengawasan dilakukan dengan evaluasi sebelum dan setelah unggah untuk meminimalisir kesalahan produksi dan melihat respons masyarakat terhadap konten tersebut. Hal ini mendapat respon positif masyarakat sehingga masyarakat menjadi mengetahui Kota Surakarta serta meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Surakarta dan city branding Kota Surakarta. Meskipun tim telah menerapkan manajemen komunikasi dengan baik, masih terdapat kendala dalam sumber daya manusia yang menyebabkan beberapa kesulitan dalam menjalankan program komunikasi secara optimal.

Kata Kunci: Manajemen komunikasi, pengelolaan konten, city branding, Instagram @Gibran Rakabuming.


Ketersediaan

SK20244061.12X7.5 ALI mPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ALI m
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this