Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Lambat Belajar Melalui Bimbingan Belajar Permainan Dadu Huruf

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Lambat Belajar Melalui Bimbingan Belajar Permainan Dadu Huruf



Bahrul Dwi Cahyadi. NIM. 19.12.21.070, Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Lambat Belajar Melalui Bimbingan Belajar Permainan Dadu Huruf. Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2023


Membaca permulaan merupakan salah satu aspek dan landasan awal bagi anak untuk mampu memahami dan menangkap huruf dan kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca awal anak lambat belajar di sekolah luar biasa melalui bimbingan belajar permainan dadu huruf (gamed based learning). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel penelitian ini adalah anak-anak yang teridentifikasi lambat belajar yaitu 3 orang anak kelas 2 SDLB. Perlakuan yang digunakan adalah permainan dadu huruf. Penelitian dilaksanakan pada tahap pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus kemampuan membaca anak lambat belajar masih sangat rendah. Pada pra siklus persentase ketiga anak lambat belajar adalah 26%, 22%, dan 18%. Kemudian meningkat pada siklus I setelah mendapat perlakuan persentasenya menjadi 36%, 32% dan 32%. Pada siklus II kemampuan membaca awal meningkat kembali dengan persentase ketiga anak 39%, 40% dan 44%. Dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan pada ketiga anak yaitu 54%, 61% dan 64%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan adalah bimbingan belajar dengan permainan dadu huruf bisa mengatasi permasalahan belajar pada anak lambat belajar dengan terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak lambat belajar.
Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Lambat Belajar, Membaca Permulaan, Permainan Dadu Huruf.


Ketersediaan

SK20243047.12X7.15 BAH cPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 BAH c
Penerbit Jurnal Bimbingan dan Konseling : Sekolah Tinggi Keguruan dan Il.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
2614-1583
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this